Selasa, 06 Desember 2011

Everything is Black and White



Setelah sekian lama, aku pengen meracau lagi di notes ku yang udah lama gak tak sentuh... (padahal besok ulangan Fisika). Ya, karena ini lagi dalam masa ujian, aku tiba-tiba pengen nulis suatu hal yang berhubungan dengan ujian dan ulangan dan pelajaran dan apapun lah itu.

Ulangan? Ngik, itu kata-kata yang paling bikin shock murid-murid. Baik ulangan kimia, biologi, bahasa jawa, matematika bahkan sejarah pun pasti gak ada yang mau. Ya iyalah, soalnya semua yang udah kita dapetin itu tergantung sama hasil ulangan hahaha. Tapi, aku bingung, apa iya kualitas otak dan kualitas belajar murid itu tergantung hasil ulangan?Kita belajar berhari-hari (buat yang rajin) dan belajar dari malem sampe pagi, kadang nggak tidur (orang males seperti aku) cuma buat dapet nilai 10 minimal 78 lah biar nggak remidi fisika, 72 biar gak remidi matematika, dan berapapun angka yang baik tertulis di kertas ulangan. Saya termasuk orang Jabariyah (tapi bukan ekstrimis) yang artinya mungkin lebih pasrah dan berserah diri. Ya, aku memang selalu mengusahakan yang terbaik yang aku bisa buat hal-hal yang aku sukai ya kadang-kadang yang nggak aku sukai karena terpaksa. Demi nilai yang bagus itu aku rela tidur lebih dari tengah malem, nggak tidur sampe paginya mataku kayak panda karena menghitam.


Nah, waktu ujiannya... Aku cuma mengandalkan hal-hal yang udah saya pelajari dan juga keberuntungan (60% keberuntungan 40% bener2 bisa) walaupun gitu aku nggak pernah sampe jadi orang Qomariyah yang nanyak jawaban no 1 apa bla bla bla. Biarpun kadang-kadang aku nggak bejo dan kadang-kadang nilai yang lain lebih bagus yaaa aku nyante aja karena ya emang berarti aku kurang usaha *dalam konteks bukan nyontek*. Aku nggak masalahin yang bagus itu mau nyontek, mau ngepek, mau belek *ups salah*, mau dapet bocoran, mau bayar, mau nyolong dll karena itu emang jalan mereka hahaha toh kalo itu salah ntar juga merugikan mereka kedepannya. Siapa tau entar jadi koruptor, penyuap, penyogok, atau tukang gali kubur #what?

Everything have the good side and the bad side, advantages and disadvantages, yeah, everything is black and white. Yah, saya nggak bisa nge judge orang-orang yang melakukan hal itu bener-bener "salah", makhluk hina penuh dosa, dan berbagai ucapan tak pantas bagi manusia. Kenapa? Karena saya bukan orang yang munafik. Saya juga punya hitam putih dalam hidup saya. Sebagai manusia ciptaan Tuhan, tentu saja tidak ada yang lebih sempurna daripada-Nya. Yah, kadang-kadang karena merasa nggak enak kita harus ngasih contekan *ini emang salah, tapi saya tipe seperti itu*, kadang-kadang kita dapet bocoran soal ulangan *ini juga salah* Tapi kalo ada yang ngasih, saya tidak bisa terus sok suci bilang tidak -_____- kalo gak dikasih ya udah. Hahaha tapi ada orang yang sudah membawa saya kembali dari jalan saya yang melengkung itu (bukan orang-orang yang memandang rendah diri saya dan orang-orang seperti itu). Justru orang yang membantu sayalah orang ter tidak munafik di mata saya.

Kembali ke konteks, sebenernya bukan masalah saya punya bad side and good side, tapi masalah ulangan itu sendiri. Ya, ulangan emang secara langsung memaksa murid buat belajar (terutama murid males kayak saya yang gak belajar kalo gak ada ulangan). Dalam hal ini, itu bagus. Tapi, di sudut pandang saya yang lain, itu nggak membawa keuntungan buat murid, apalagi Ujian Nasional. Bayangkan, yang dilihat cuma hasil akhir dari ulangan kita. Nggak peduli usaha kita kayak gimana, mau sampe kamu sekarat masuk rumah sakit gara-gara belajar fisika tiga hari tiga malem, kalo nilaimu jelek ya nggak ada yang peduli. Kamu sekolah tiga taun dan tiba-tiba pas UN nilai kamu kurang 0,1 buat lulus (naudzubillah) itu bikin orang pengen gantung diri di pohon cabe *buodoh*. Sayang sekali jika sistem pendidikan masih seperti ini, usaha kita jadi terlihat sia-sia.

Mungkin karena itu juga orang jadi menghalalkan segala cara biar bisa mendapat nilai yang mereka inginkan walaupun caranya menyimpang dan nggak bener. Saya tau orang-orang seperti itu tidak adil dan itu memang salah. Namun sebagai orang yang berpikiran terbuka dan pasrahisme saya hanya bisa mengelus dada dan berharap bahwa Tuhan lebih berpihak pada saya.
Hmmm... tanpa terasa curhat saya ini sudah melebar kesana kemari... Lega rasanya udah keluar. Ini sudut pandangku sendiri. Silahkan kritik jika tidak sependapat, tapi saya tidak menerima kritik yang menjatuhkan, cukup yang membangun saya untuk jadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar